SINGKATAN/ISTILAH

KETIK DAN SERET LAYAR

Singkatan/Nama Kepanjangan/Definisi
PPEPP Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengandalian, Peningkatan
PkM Pengabdian pada Masyarakat
APS Akreditasi Program Studi
IAPS Instrumen Akreditasi Program Studi
AMI Audit Mutu Internal
UPPS Unit Pengelolah Program Studi
LKPS Laporan Kinerja Program Studi
LED Laporan Evaluasi Diri
UPM Unit Penjaminan Mutu
GPM Gugus Penjaminan Mutu
BAN-PT Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
Akreditasi adalah proses evaluasi dan penilaian mutu perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (Tim Asesor) berdasarkan kriteria mutu yang telah ditetapkan, atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar Perguruan Tinggi atau Program Studi yang bersangkutan. Hasil akreditasi merupakan pengakuan bahwa sebuah Perguruan Tinggi atau Program Studi telah memenuhi kriteria mutu yang telah ditetapkan, sehingga dinilai layak untuk menyelenggarakan program-programnya.
Akuntabilitas adalah pertanggungjawaban sebuah Perguruan Tinggi atau Unit Pengelola Program Studi kepada stakeholders (pihak berkepentingan) mengenai pelaksanaan tugas dan fungsi Perguruan Tinggi.
Asesmen kecukupan adalah pengkajian (review), evaluasi, dan penilaian data dan informasi yang disajikan oleh Perguruan Tinggi di dalam dokumen akreditasi, yang dilakukan oleh Tim Asesor, sebelum dilakukannya asesmen lapangan ke tempat Perguruan Tinggi atau Program Studi yang diakreditasi.
Asesmen lapangan adalah telaah dan penilaian di tempat kedudukan Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Tim Asesor untuk melakukan verifikasi, validasi, dan melengkapi data dan informasi yang disajikan oleh Program Studi atau Perguruan Tinggi di dalam dokumen akreditasi.
BAN-PT BAN-PT adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang bertugas melaksanakan akreditasi Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi.
Evaluasi Diri adalah proses yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi atau Program Studi untuk menilai secara kritis keadaan dan kinerja diri sendiri. Hasil evaluasi-diri tersebut digunakan untuk memperbaiki mutu kinerja dan produk/luaran Perguruan Tinggi atau Program Studi.
Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT) adalah sekelompok data kuantitatif yang menggambarkan kinerja perguruan tinggi yang diukur dalam proses akreditasi.
Misi adalah tugas dan cara kerja pokok yang harus dilaksanakan oleh perguruan tinggi atau program studi untuk mewujudkan visinya.
Kriteria adalah ukuran-ukuran yang digunakan sebagai dasar untuk menilai dan menentukan kelayakan serta mutu perguruan tinggi atau program studi.
Tata pamong (governance) adalah sistem yang dianut perguruan tinggi atau program studi yang meliputi struktur organisasi, sistem pengambilan keputusan dan alokasi sumber daya, pola otoritas dan jenjang pertanggungjawaban, hubungan antara satuan kerja dalam perguruan tinggi, termasuk juga tata kelola kegiatan bisnis dan komunitas di luar lingkungan akademik.
Tim asesor adalah sekelompok pakar sejawat yang ditugasi oleh BAN-PT untuk melaksanakan akreditasi perguruan tinggi atau program studi.
Visi adalah rumusan tentang keadaan dan peranan yang ingin dicapai oleh sebuah perguruan tinggi dalam kurun waktu tertentu di masa depan. Visi mengandung perspektif masa depan yang merupakan pernyataan tentang keadaan dan peranan yang akan dicapai oleh perguruan tinggi atau program studi
NAAHE National Accreditation Agency for Higher Education (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi)
Unit Pengelola Program Studi (UPPS) Perguruan Tinggi atau Fakultas atau Sekolah atau Jurusan
LKPT Laporan Kinerja Perguruan Tinggi
APT Akreditasi Perguruan Tinggi
MOU Memorandum of Understanding
IKU Indikator Kinerja Utama
IKT Indikator Kinerja Tambahan
NDT Jumlah Dosen Tetap Perguruan Tinggi yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah di PS yang Diakreditasi.
NDTPS Jumlah Dosen Tetap Perguruan Tinggi yang ditugaskan mata kuliah dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kompetensi inti Program Studi yang Diakreditasi.
TS Tahun Sekarang
TS-1 Satu tahun sebelum TS
TS-2 Dua tahun sebelum TS
DTPS Dosen tetap di Program Studi
DT Dosen Tetap
DTT Dosen Tidak Tetap
HAKI Hak Kekayaan Intlektual
JP Jam pembelajaran praktikum, praktik studio, praktik bengkel, atau praktik lapangan (termasuk KKN)
JB Jam pembelajaran total selama masa pendidikan
IPK Indeks Prestasi Kumulatif
WT Waktu Tunggu lulusan
TKi Tingkat Kepuasan aspek ke-i; TKi = (4 x ai) + (3 x bi) + (2 x ci) + di i = 1, 2, ..., 7; ai = persentase “sangat baik”. bi = persentase “baik”. ci = persentase “cukup”. di = persentase “kurang”.
Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengandalian, Peningkatan PPEPP
Pengabdian pada Masyarakat PkM
Akreditasi Program Studi APS
Instrumen Akreditasi Program Studi IAPS
Audit Mutu Internal AMI
Unit Pengelolah Program Studi UPPS
Laporan Kinerja Program Studi LKPS
Laporan Evaluasi Diri LED
Unit Penjaminan Mutu UPM
Gugus Penjaminan Mutu GPM
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN-PT
adalah proses evaluasi dan penilaian mutu perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (Tim Asesor) berdasarkan kriteria mutu yang telah ditetapkan, atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar Perguruan Tinggi atau Program Studi yang bersangkutan. Hasil akreditasi merupakan pengakuan bahwa sebuah Perguruan Tinggi atau Program Studi telah memenuhi kriteria mutu yang telah ditetapkan, sehingga dinilai layak untuk menyelenggarakan program-programnya. Akreditasi
adalah pertanggungjawaban sebuah Perguruan Tinggi atau Unit Pengelola Program Studi kepada stakeholders (pihak berkepentingan) mengenai pelaksanaan tugas dan fungsi Perguruan Tinggi. Akuntabilitas
adalah pengkajian (review), evaluasi, dan penilaian data dan informasi yang disajikan oleh Perguruan Tinggi di dalam dokumen akreditasi, yang dilakukan oleh Tim Asesor, sebelum dilakukannya asesmen lapangan ke tempat Perguruan Tinggi atau Program Studi yang diakreditasi. Asesmen kecukupan
adalah telaah dan penilaian di tempat kedudukan Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Tim Asesor untuk melakukan verifikasi, validasi, dan melengkapi data dan informasi yang disajikan oleh Program Studi atau Perguruan Tinggi di dalam dokumen akreditasi. Asesmen lapangan
BAN-PT adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang bertugas melaksanakan akreditasi Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi. BAN-PT
adalah proses yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi atau Program Studi untuk menilai secara kritis keadaan dan kinerja diri sendiri. Hasil evaluasi-diri tersebut digunakan untuk memperbaiki mutu kinerja dan produk/luaran Perguruan Tinggi atau Program Studi. Evaluasi Diri
adalah sekelompok data kuantitatif yang menggambarkan kinerja perguruan tinggi yang diukur dalam proses akreditasi. Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT)
adalah tugas dan cara kerja pokok yang harus dilaksanakan oleh perguruan tinggi atau program studi untuk mewujudkan visinya. Misi
adalah ukuran-ukuran yang digunakan sebagai dasar untuk menilai dan menentukan kelayakan serta mutu perguruan tinggi atau program studi. Kriteria
adalah sistem yang dianut perguruan tinggi atau program studi yang meliputi struktur organisasi, sistem pengambilan keputusan dan alokasi sumber daya, pola otoritas dan jenjang pertanggungjawaban, hubungan antara satuan kerja dalam perguruan tinggi, termasuk juga tata kelola kegiatan bisnis dan komunitas di luar lingkungan akademik. Tata pamong (governance)
adalah sekelompok pakar sejawat yang ditugasi oleh BAN-PT untuk melaksanakan akreditasi perguruan tinggi atau program studi. Tim asesor
adalah rumusan tentang keadaan dan peranan yang ingin dicapai oleh sebuah perguruan tinggi dalam kurun waktu tertentu di masa depan. Visi mengandung perspektif masa depan yang merupakan pernyataan tentang keadaan dan peranan yang akan dicapai oleh perguruan tinggi atau program studi Visi
National Accreditation Agency for Higher Education (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) NAAHE
Perguruan Tinggi atau Fakultas atau Sekolah atau Jurusan Unit Pengelola Program Studi (UPPS)
Laporan Kinerja Perguruan Tinggi LKPT
Akreditasi Perguruan Tinggi APT
Memorandum of Understanding MOU
IKU Indikator Kinerja Utama
Indikator Kinerja Tambahan IKT
Jumlah Dosen Tetap Perguruan Tinggi yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah di PS yang Diakreditasi. NDT
Jumlah Dosen Tetap Perguruan Tinggi yang ditugaskan mata kuliah dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kompetensi inti Program Studi yang Diakreditasi. NDTPS
Tahun Sekarang TS
Satu tahun sebelum TS TS-1
Dua tahun sebelum TS TS-2
Dosen tetap di Program Studi DTPS
Dosen Tetap DT
Dosen Tidak Tetap DTT
Hak Kekayaan Intlektual HAKI
Jam pembelajaran praktikum, praktik studio, praktik bengkel, atau praktik lapangan (termasuk KKN) JP
Jam pembelajaran total selama masa pendidikan JB
Indeks Prestasi Kumulatif IPK
Waktu Tunggu lulusan WT
Tingkat Kepuasan aspek ke-i; TKi = (4 x ai) + (3 x bi) + (2 x ci) + di i = 1, 2, ..., 7; ai = persentase “sangat baik”. bi = persentase “baik”. ci = persentase “cukup”. di = persentase “kurang”. TKi
Merdeka Belajar Kampus Merdeka MBKM
MBKM Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia KKNI
KKNI Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
Standar Nasional Perguruan Tinggi SNPT
SNPT Standar Nasional Perguruan Tinggi
Data Kinerja DK
DK Data Kinerja
Laporan Evaluasi Kinerja LEK
LEK Laporan Evaluasi Kinerja
Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran VMTS
VMTS Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran
Indikator Kinerja Tambahan IKT
IKT Indikator Kinerja Tambahan
Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online SAPTO
SAPTO Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online
Data Kinerja DK
DK Data Kinerja
Nomor Induk Registrasi Asesor NIRA
NIRA Nomor Induk Registrasi Asesor
Studi Banding BENCHMARKING
BENCHMARKING Studi Banding
M= Modern Management, A= Accademic Excellence, P= Profesionalism dan Competence, A= Accelaration of Innovation, L= Leadership, togetherness, and welafare, U= University of Research, S= Strong Integrity. MAPALUS
MAPALUS M= Modern Management, A= Accademic Excellence, P= Profesionalism dan Competence, A= Accelaration of Innovation, L= Leadership, togetherness, and welafare, U= University of Research, S= Strong Integrity.
Program Kompetisi Kampus Merdeka

PANDUAN

MENDAFTAR

PKKM
PKKM Program Kompetisi Kampus Merdeka

PANDUAN

MENDAFTAR

Dunia Usaha dan Dunia Industri DUDI
DUDI Dunia Usaha dan Dunia Industri
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi LLDIKTI
LLDIKTI Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi
Program Kreativitas Mahasiswa PKM
PKM Program Kreativitas Mahasiswa
Institutional support system ISS
ISS Institutional support system
Zona Integritas ZI
ZI Zona Integritas
Aplikasi Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) merupakan instrumen penilaian kemajuan pelaksanaan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilakukan secara mandiri PMPZI
PMPZI Aplikasi Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) merupakan instrumen penilaian kemajuan pelaksanaan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilakukan secara mandiri
Wilayah Bebas dari Korupsi WBK
WBK Wilayah Bebas dari Korupsi
Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani WBBM
WBBM Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
Merdeka Belajar Kampus Merdeka MBKM
MBKM Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Definisi Nama
Nama Definisi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARSIP DEKAN SEBAGAI PENGUJI

Sosislisasi Pengakuan Penilaian Angka Kredit 3023